6 Tips Makanan Sehat Untuk Menjaga Jantung


Data menunjukkan bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyakit penyebab kematian terbesar di Indonesia, maka dari itu memilih jenis makanan sehat untuk jantung sangat dianjurkan agar kita terhindar dari macam-macam penyakit jantung. Tidak usah terlalu rumit, jenis sayuran seperti bayam, kangkung, dan daun lobak pun sudah mengandung banyak nutrisi yang baik untuk jantung kita.

Berikut 6 makanan sehat untuk jantung yang sangat mudah kita dapatkan, dan mungkin sudah biasa kita jadikan hidangan makan kita setiap hari.



1. Kacang Merah
Kacang-kacangan mengandung protein nabati, vitamin B, zat besi, dan kalsium. Menyajikannya 15 gram dalam sup akan sangat membantu melawan kolesterol jahat yang berbahaya bagi kesehatan jantung kita. Buat saja sup kacang merah yang dicampur tomat, wortel, seledri dan sedikit merica.

2. Brokoli
Brokoli mengandung vitamin B dan foliacid, di mana keduanya membantu mengurangi stres dan kepanikan. Selain itu, nutrisi alami tersebut juga baik untuk jantung jika dimasak dengan cara yang benar. Brokoli paling baik jika dikukus atau direbus dalam waktu yang singkat. Kemudian beri perasan lemon, ekstra virgin olive oil dan bila suka pedas taburi dengan bubuk cabai.

3. Sayur Berdaun Hijau
Bayam, kangkung, daun lobak dan sayuran dengan daun warna hijau adalah makanan yang baik untuk jantung, karena mengandung banyak zat besi, dan vitamin C. Semua nutrisi baik itu sangat bermanfaat bagi jantung kita. Sayuran tersebut bisa kita olah menjadi apa saja, jangan terlalu lama memasaknya agar nutrisi alaminya tidak hilang.

4. Salmon Dan Ikan Lainnya
Mayoritas ikan laut mengandung vitamin B6 dan B12 yang bisa membantu tubuh menghasilkan serotonin, zat yang akan membuat kita rileks dan bahagia. Ikan laut juga mengandung omega-3 yang baik untuk menormalkan tekanan darah dan mengurangi risiko sakit jantung. Sajikan ikan laut yang dipanggang atau dikukus.

5. Ubi Manis
Sayuran berwarna selalu baik untuk kesehatan kita, termasuk ubi manis. Tanaman umbi-umbian yang mirip dengan kentang ini juga merupakan salah satu makanan sehat untuk jantung, karena mengandung antioksidan yang akan membantu menjaga kesehatan jantung kita. Sekalipun bentuknya tidak menarik, rasanya lezat dan manis alami. Kita bisa memasak ubi manis dengan mengukusnya atau memotongnya dalam ukuran kecil dan dicampur dengan ayam panggang.

6. Gandum Utuh
Gandum utuh kaya akan serat dan dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama. Selain itu, gandum utuh akan memasok serotonin yang akan membuat kita merasa bahagia. Mengonsumsi setengah cangkir gandum utuh sehari akan membuat kadar kolesterol jahat dalam darah berkurang. Kita bisa mengonsumsi gandum utuh instant yang hanya butuh disiram air panas untuk mengonsumsinya.

Demikianlah informasi mengenai 6 makanan sehat untuk jantung yang sangat mudah kita dapatkan. Selain jenis makanan sehat, olahraga teratur juga sangat dianjurkan untuk menghindarkan diri kita dari macam-macam penyakit jantung. Semoga informasi ini bermanfaat,
 Sumber : http://metrotvnews.com/read/news/2011/05/03/50507/



Jangan lupa baca juga tips bermanfaat divawah ini:
  1.  6 Tips Makanan Sehat Untuk Jantung 
  2. 8 Tips Agar Dapat Tidur Nyenyak 
  3. Tips Cara Menghilangkan Bau Badan