8 Tips Agar Dapat Tidur Nyenyak


Tidur, Kegiatan yang satu telah cukup banyak mengambil waktu dalam jatah hidup kita, bener kan? Malah kita disarankan untuk menghabiskan sebanyak 1/3 umur hidup kita dengan tidur. Buset gan. Banayk amat. Iya dong, karena 1 hari 24 Jam, manusia disarankan agar istirahat tidur selama 8 jam sehari, walaupun banyak dari kita akhirnya tidak memenuhi tidur selama 8 jam disebabkan aktivitas lainnya. Namun banyak juga yang mengatakan bahwa tidak penting sebrapa kita lama tertidur bila kualitas tidurnya buruk,akan lebih baik jika tidurnya tidak teralu lama namun kualitas tidurnya itu tinggi dan nyenyak.  Nah maka dari itu kali ini pada postingan yang ini saya coba bagikan beberapa Tips agar dapat tidur nyenyak yang saya rangkum dari berbagai sumber. Selamat membaca gan ^^

1.  Banyak minum air putih
Banyaklah minum air putih sebelum agan tidur, hal ini dapat membantu pencernaan di dalam tubuh agan, minum air putih yang banyak dapat mempercepat proses pencernaan di dalam tubuh anda. Air putih berbeda dengan minuman yang manis, minuman manis mengandung tinggi glukosa sehingga anda akan sering buang air kecil, sedangkan air putih justru membantu pencernaan kita.

2.  Jangan berlebihan dan telat makan malam.
Maksudnya yaitu makanlah paling lambat 3 jam sebelum tidur. Kalau agan biasanya tidur malam jam 10 berarti agan harus sudah makan paling lambat jam 7, kenapa? Karena jika saat tidur lambung agan masih bekerja, maka akan membuat agan menjadi pegal-pegal disaat bangun, usahakan lambung agan  juga istirahat saat anda tidur, karena lambung kita normalnya menghaluskan makanan sekitar 3-4 jam sekali makanan masuk.

Perut yang penuh menyebabkan tubuh masih melakukan proses pencernaan, sehingga tubuh belum beristirahat. Walau bukan makanan berat, kurangi juga konsumsi makanan ringan di malam hari.

3. Hindari melakukan pekerjaan besar
Kegiatan atau pekerjaan yang membutuhkan pertimbangan dapat menyebabkan agan sulit tidur. Perdebatan yang dilakukan malam hari juga menimbulkan efek yang serupa. Jadi, jangan biarkan kegiatan itu dilakukan setelah jam 20.30 malam. Biarkan pikiran agan relaks menjelang waktu tidur agan . Itu akan sangat membantu agar agan cepat tidur. 

4. Hati-hati dengan kefein
Kafein yang terdapat di dalam kopi dan teh hitam memang lazim kita minum pada pagi atau sore hari. Bahkan karena berpendapat bahwa kopi tidak berpengaruh apapun, kadang orang minum kopi pada waktu menjelang tidur. Padahal, ada efek yang tidak disadari, yaitu menjadi letih saat bangun tidur. Celakanya, orang lantas mencoba menghilangkan rasa lelah, letih dan kurang segar itu dengan minum kopi. Ini tak lebih dari lingkaran setan yang mencelakakan. Jangan minum kafein setidaknya enam jam sebelum waktu tidur. Jangan pula meremehkan kefein pada produk lain seperti minuman ringan, penambah ebergi, dan sebagainya.

5. Cobalah mandi dengan air panas
Kegiatan ini dapat membuat tubuh lebih rileks sehingga agan bisa tidur lebih cepat. Mandi dengan air panas ini dapat agan lakukan 1 jam sebelum tidur.

6. Meminum susu panas
Minum susu panas di malam hari diyakini dapat membantu tubuh lebih santai dan tidur agan semakin nyenyak. 

7. Mengatur pernapasan
Dengan menarik napas dalam dan mengaturnya, agan dapat terbiasa dan sama dengan saat agan telah tidur nyenyak.

8. Matikan lampu Kamar agan
Saat menjelang tidur, matikan lampu kamar agan . Bila agan terbiasa tidur malam dan ingin tidur lebih cepat, maka upayakan agar agan sudah berada di kamar setengah jam dari waktu yang Anda tentukan, matikan lampu dan cobalah untuk pejamkan mata.
Demikianlah 8 TIPS AGAR DAPAT TIDUR NYENYAK semoga dapat bermanfaat.

Jangan lupa baca juga tips bermanfaat dibawah ini:
  1. Tips Menghilangkan Bau Mulut 
  2. Tips Mencegah Tulang Keropos 
  3. Tips Cara Cepat Putihkan Gigi Secara Alami