Tips Memilih Scanner Yang Bagus Tapi Tidak Perlu Mahal


Hallo Sobat,

Apabila anda sedang mencari / ingin membeli scanner, ada beberapa hal yang mesti anda pertimbangkan. Dan saat inipun harga scanner sudah tidak terlalu mahal.

Berikut ini tip-tip nya, ketika anda ingin membeli scanner:

1. Jenis Scanner
Banyak sekali jenis scanner yang beredar dipasaran saat ini, ada yang berjenis slide scanner guna men-scan negatif film, ada juga jenis drum scanner yang umumnya digunakan oleh usaha percetakan demi menghasilkan kualitas gambar tingkat tinggi dan ada jenis flatbed scanner yang banyak digunakan oleh perorangan.

2. Resolusi
Semakin tinggi resolusi yang dhasilkan maka gambar yang dihasilkan pun semakin tajam dan tentunya harga scanner tersebut juga akan semakin mahal. Apabila, hasil scanner digunakan untuk keperluan cetak mencetak maka pilihlah scanner dengan resolusi tinggi, namun apabila anda hanya menggunakannya untuk keperluan yang bisa saja, scanner dengan resolusi 300dpi pun rasanya sudah cukup memadai.

3. Area Scanner
Pada umumnya scanner berukuran kertas A4 atau Folio, namun ada juga scanner yang berukuran besar, seperti kertas A3.

4. Bit Depth
Ini adalah untuk mengukur kedalaman hasil scanner. Semain tinggi tingkat bit depth-nya, maka semakin tinggi pula setail warna hasil scanner yang terekam. Standard-nya scanner warna memiliki kedalaman warna sekitar 24 bit.

Semoga tipsnya bermanfaat sobat.