7 Tips Manajemen Waktu yang Baik dan Anda Butuhkan


jamSering kali mungkin anda kelabakan untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan anda karena kurangnya manajemen waktu yang baik. Padahal jika bisa mengatur waktu banyak manfaatnya. Kali ini saya akan bagikan 7 tips manajemen waktu agar aktivitas-aktivitas anda bisa selesai dan berjalan dengan lancar.
Inilah tujuh cara manajemen waktu yang perlu anda patuhi. 
  1. Buat to-do-list. Buat daftar yang harus anda kerjakan. Urutkan sesuai prioritas yang harus anda kerjakan lebih dulu. Kerjakan satu per satu sampai selesai.
  2. Patuhi deadline. Terkadang anda terlampau menyepelekan deadline. Awalnya santai-santai, tapi jelang deadline malah kelabakan. Karena itu tips manajemen waktu pertama adalah buat deadline untuk pekerjaan anda dan patuhi itu. Upayakan agar pekerjaan tersebut selesai tepat waktu. Sebab jika tidak, anda berarti butuh lebih banyak waktu untuk menyelesaikannya. Artinya juga, lebih banyak tenaga dan biaya yang anda keluarkan; dan mungkin anda juga jadi kehilangan peluang lain.
  3. Kerapian. Kerapian baik di meja kerja maupun isi komputer akan membantu anda menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik. sebaliknya, ketidakrapian bisa membuat anda membutuhkan lebih banyak waktu. Misalkan saja, anda tengah membutuhkan sebuah arsip. Karena pengaturan yang tak baik, anda jadi butuh lebih banyak waktu untuk menemukannya.
  4. Cek email terus-menerus. Kalau anda termasuk orang yang tiap beberapa menit mengecek email, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Terkecuali memang tugas anda sebagai customer support yang memang harus memastikan tiap email direspon dengan cepat. :) Jika tidak, anda bisa cek email cukup di pagi, siang, dan sore hari.
  5. Tidak multi-tasking. Banyak orang suka melakukan multi-tasking. Padahal multitasking hanya membantu anda memulai semua tugas tersebut, tapi tidak menyelesaikannya. Bisa-bisa malah tak satupun pekerjaan yang selesai.
  6. Hindari gangguan. Untuk mempercepat tugas anda selesai, sebisa mungkin hindari gangguan yang mungkin muncul. Cari tempat untuk bekerja yang tenang. Jika perlu, tutup pintunya. Dan jika ada telepon, tak perlu diangkat.
  7. Istirahat. Jangan lupa untuk ambil break. Ini akan membantu untuk memulihkan tenaga dan fokus anda agar siap untuk kembali ACTION. Beri juga hadiah buat diri anda sendiri jika sukses menyelesaikan tugas-tugas anda tepat waktu.
Coba ACTION-kan ketujuh cara manajemen waktu di atas. Niscaya anda akan lebih produktif. Salam ACTION!