Tips Cara Merawat Laptop

Di zaman yang modern ini, tentunya sudah banyak orang yang punya Laptop. Karena sekarang harganya yang sudah bermacam-macam. Mulai dari yang harga 4jt - 10jt. Semua tergantung dengan merk dan spesifikasi dari laptop tersebut. Meskipun banyak orang yang telah menggunakan laptop, apakah diantara mereka banyak yang telah mengerti tentang cara merawat laptop yang baik dan benar?

Tentunya tidak sedikit orang yang masih belum terlalu paham cara merawat laptop yang baik dan benar. Maka dari itu, sesuai judul post diatas, saya akan share beberapa tips cara merawat laptop dengan baik dan benar. Berikut penjelasannya:


  1. Bersihkan keyboard dengan kain. Gunakanlah cairan pembersih kaca agar keybord terlihat mengkilap, sebelumnya kita bisa membersihkan sela-sela keyboard dengan kuas atau vacuum cleaner portable.
  2. Layar laptop lebih rentan terhadap goresan. Oleh karena itu sobat bisa menggunakan perlindungan dengan screen guard. Untuk membersihkannya, sobat bisa menggunakan kain halus yang telah diolesi dengan cairan pembersih layar khusus. Jika tidak ada, bisa memakai pembersih kaca dengan cara menggosok secara perlahan dengan gerakan yang searah.
  3. Jika sobat tidak menggunakannya untuk sementara waktu, simpan dan masukanlah laptop ke dalam tasnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko tergores atau rusak karena terbentur atau jatuh.
  4. Apabila laptop tidak di pakai dalam rentan waktu yang lama, sebaiknya melepas batrai laptop, lalu simpanlah di tempat yang aman dan kering.
  5. Jangan simpan laptop di tempat yang bersuhu tinggi, misalnya adalah di dalam mobil yang sedang di parkir di bawah terik matahari.
  6. Jangan meletakkan leptop di dekat barang-barang yang mengandung medan magnet, atau gelombang elektromagnet yang kuat. Hal itu bisa merusak komponen laptop.
  7. Gunakanlah laptop dengan sewajarnya, jangan jadikan laptop sobat seperti server yang tak pernah mati, sama seperti halnya manusia, laptop juga butuh istirahat.
  8. Letakkan laptop di tempat yang memungkinkan sirkulasi udara di bagian bawah laptop bekerja dengan baik, saran saya selalu gunakan kipas agar sirkulasi udara tetap terjaga dan laptop tidak cepat panas. Jangan meletakkan laptop dalam keadaan menyala di atas tempat tidur atau sofa, hal ini bisa mengakibatkan laptop cepat panas dan overhead (mati dengan sendiri karena terlalu panas) dan jika hal itu tidak di perhatikan,akan membuat laptop kita cepat rusak. 
  9. Pasang AntiVirus, Antivirus adalah sebuah software pokok yang harus ada pada laptop maupun pc. Software ini bisa menangkal program-program jahat yang bisa merusak software komputer. Jika laptop anda telah terinfeksi virus, ada kemungkinan hardware laptop anda bisa menjadi rusak. Antivirus tidak perlu yang berbayar. Yang palin penting adalah anda selalu rutin melakukan Update pada Antivirus tersebut supaya antivirus anda dapat mengenal virus yang terbaru. Jika anda bingung memilih antivirus yang baik dan gratis, saya punya daftar antivirus gratis terbaik 2013.
Nah, mungkin cukup itu dulu beberapa tips merawat laptop dengan baik dan benar. Kalau ada tips baru, nanti akan saya update disini. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar.
Terima kasih.