Tips Menata Ruang Tamu Yang Sempit

Ruang Tamu
Ruang tamu merupakan ruangan pertama di dalam rumah yang pertama kali di lihat oleh orang yang masuk atau berkunjung ke rumah kita. Apabila penataan ruang tamu rumah kita terkesan amburadul bahkan terkesan kotor, maka kemungkinan besar orang yang berkunjung ke rumah tersebut akan menganggap pemilik rumah tersebut bukanlah orang mempunyai karakter rajin dan pintar dalam menata ruang tamu.

Bagi Anda yang tidak mempunyai ruang tamu yang cukup luas, Anda masih tetap bisa membuat sebuah ruang tamu kecil yang nyaman untuk dilihat dan nyaman saat untuk menjamu para tamu yang datang ke rumah.  Dalam menata ruang tamu yang kecil atau sempit, Anda bisa menggunakan beberapa cara seperti dibawah ini :


Cat : Untuk cat, hindarilah menggunakan warna-warna gelap untuk dinding ruang tamu. Warna gelap akan memberi kesan sempit dan menekan. Gunakanlah warna-warna cerah supaya ruang terkesan lega. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan warna cat dengan warna furnitur untuk menimbulkan kesan unity pada ruangan. Dengan begini, ruang tamu tidak terkesan ramai dan penuh.  


Kaca : Jika semua dinding di ruang tamu Anda berupa dinding bata, jika memungkinkan, lubangilah salah satu dinding dan buatlah jendela kaca yang cukup lebar. Dinding yang paling disarankan adalah dinding yang membatasi ruang tamu dengan teras rumah. Dengan begini, jarak pandang yang bisa diakses dari ruang tamu Anda akan bertambah.  



Perabot : Pilihlah perabot yang mungil dan minimalis untuk ruang tamu sempit. Untuk kursi, gunakan kursi rotan atau sofa mungil bersandaran rendah supaya ruang tamu tidak terkesan penuh. Gunakan juga meja yang rendah untuk menserasikannya dengan kursi.  



Pencahayaan : Pastikan ruang tamu Anda memiliki pencahayaan yang cukup sehingga ruang tidak terasa gelap dan sempit. Akan jauh lebih baik lagi jika Anda bisa menggunakan pencahyaan alami untuk ruang tamu Anda karena pencahayaan alami akan menimbulkan suasana yang hidup. 



Penggabungan Ruang : Menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga akan memperluas ruang tamu Anda secara efektif. Anda mungkin berpikir cara ini bisa mengurangi privasi ruang keluarga Anda. Solusinya, pasanglah partisi dekoratif untuk membatasi ruang tamu dengan ruang keluarga. Dengan begini, privasi keluarga Anda tetap terjaga. Partisi ini bisa Anda pindahkan jika Anda kedatangan banyak tamu dan ruang tamu Anda tidak cukup untuk menampung mereka semua. 



Dekorasi : Tentunya Anda ingin menambah beberapa elemen dekoratif pada ruang tamu Anda untuk mempercantik ruang tersebut. Namun, salah memiliki dekorasi justru akan membuat ruang tamu Anda terkesan lebih sempit lagi. Pilihlah dekorasi minimalis yang bisa dipasang di dinding. Atau, pasang beberapa foto dalam sebuah susunan yang apik. Tambahkan juga sebuah ornamen yang cantik di atas meja. Jika Anda bisa menemukan sebuah dekorasi yang benar-benar unik, Anda bisa menjadikannya sebagai point of interest. 



Tidak begitu sulit, bukan? Jika Anda memiliki ide-ide lain selain yang disebutkan di atas, jangan takut untuk mencoba menerapkannya pada ruang tamu Anda. Siapa tahu, cara tersebut bisa membuat ruang tamu sempit Anda menjadi unik dan terkesan luas.