Cara Ampuh Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

mengobati radang tenggorokan
Cara Ampuh Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami-sepertinya menjadi salah satu topik menarik yangsering dibahas orang-orang. Pasalnya, gangguan kesehatan ini sering dialami oleh masyarakat terutama ketika masuk ke pergantian musim dan anda tidak mengontrol makanan anda.
Radang tenggorokan sebenarnya muncul karena daya tahan tubuh anda menurun sehingga tubuh anda pun mudah terkena infeksi atau pengaruh perubahan cuaca. Namun, anda tidak perlu khawatir karena radang tenggorokan bukanlah penyakit yang berbahaya jika segera diatasi. Berbeda halnya jika anda tidak segera melakukan tindakan pengobatan yang pada akhirnya radang tenggorokan bukan lagi menjadi penyakit yang dapat anda sepelekan. Lantas, bagaimana cara mengobati radang tenggorokan yang dapat dilakukan?
Berikut cara ampuh mengengobati radang tenggorokan  secara alami:
  • Makan bawang putih
Bawang putih mengandung senyawa bernama allicin yang merupakan agen pembunuh bakteri. Jadi cobalah mengunyah bawang putih agar mengeluarkan senyawa allicin demi mengatasi radang tenggorokan.
  • Permen pereda radang tenggorokan
Lozenge atau permen pereda tenggorokan juga bisa Anda konsumsi demi merangsang produksi ludah. Sehingga ludah akan tetap menjaga mulut agar tetap selalu basah. Selain itu, kebanyakan lozenge mengandung vitamin C, pectin, dan zinc yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Konsumsi cairan
Saat menderita radang tenggorokan, sebaiknya Anda mengonsumsi cairan dalam jumlah banyak agar tenggorokan tetap lembap. Cairan tersebut juga akan menyapu bakteri yang berkumpul dalam tenggorokan. Coba pilih minuman hangat seperti teh, kopi, atau campuran air madu dan jus lemon hangat untuk mengatasi radang tenggorokan.
  • Menghirup uap
Biasanya, radang tenggorokan juga memicu penyakit demam dan gejala pilek atau hidung tersumbat. Jika Anda juga mengalaminya, Anda bisa menghirup uap untuk memperlancar pernapasan. Cara itu adalah solusi terbaik untuk mengatasi kedua kondisi, demam sekaligus radang tenggorokan.
  • Makan sup ayam
Terakhir, Anda bisa mengatasi radang tenggorokan dengan menikmati sup ayam hangat. Sebab para ahli berpendapat bahwa sodium dalam kaldu ayam merupakan anti inflamasi yang membuat Anda cepat sembuh dari radang tenggorokan.
Itulah cara terbaik mengatasi radang tenggorokan. Selain itu, ada beberapa makanan pereda radang tenggorokan yang bisa Anda konsumsi, seperti pisang, wortel, telur rebus, dan hidangan lunak lainnya.
  • Minum madu
Madu dipercaya dapat menyembuhkan sakit tenggorokan, meski sampai saat para ahli belum sepenuhnya memahami cara kerja dari makanan ini. Namun yang pasti, manfaat madu berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang resisten terhadap antibiotik. Cara penggunaannya: campurkan 1-2 sendok makan madu ke dalam secangkir air.
  • Berkumur dengan air garam
Meskipun cara ini cukup tradisional, namun kumur dengan air garam hangat lumayan ampun untuk mengatasi radang tenggorokan. Berkumur dengan air garam dapat mengurangi radang pada tenggorokan. Kenapa? Karena garam dapat menarik air keluar dari membran sel, sehingga cukup efektif mengurangi bengkak dan peradangan akibat sakit tenggorokan. Cara menggunakannya: tambahkan setengah sampai satu sendok teh garam untuk secangkir air hangat, dan berkumur dengan air campuran ini setidaknya sekali setiap jam.
  • Teh hijau
Sebuah riset menunjukkan bahwa peserta penelitian yang menggunakan ekstrak teh hijau mengalami peningkatan respon imunitas karena mereka dapat mengeluarkan hormon interferon, yang mampu melawan virus. Untuk hasil yang lebih baik, Anda dapat menambahkan madu ke dalam secangkir teh hijau.
  • Cuka sari apel
Meski tidak bisa menemukan bukti ilmiah tentang cara kerjanya, tetapi banyak orang mempercayai khasiatnya. Cara menggunakan: Campurkan satu sendok makan cuka sari apel dalam secangkir air hangat, kemudian dikumur dan telan.
  • Konsumsi vitamin D
Sebuah riset pada 2007 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen Vitamin D setiap hari tiga peluangnya lebih kecil mengalami gejala pilek dan flu. Dengan kata lain, jika Anda mengonsumsi vitamin ini, maka daya tahan tubuh akan membaik dan gejala sakit tenggorokan berkurang.