Tips Cara Mempercepat Loading Blog


Salah satu teknik untuk meningkatkan pengunjung blog adalah Mempercepat atau Meringankan Kecepatan Loading Blog. Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi lambatnya loading blog diantaranya yang paling sering terjadi adalah karena memang kecepatan internet yang sering anda pakai untuk melakukan aktifitas blogging. Disamping itu juga loading blog yang lambat disebabkan oleh banyaknya penggunaan kode yang tidak penting didalam template blogger yang Anda pakai. Nah untuk meringankan loading blog, tidak ada salahnya mencoba tips berikut ini :

1. Gambar
Kurangi penggunaan gambar dalam template blog dan kalau bisa jangan menggunakan gambar sebagai background template karena saat melakukan loading, gambar akan otomatis terbaca.

2. Ukuran Gambar
Ukuran gambar juga mempengaruhi loading blog dan juga kenyaman pembaca artikel blog anda. Sebelum Anda memposting artikel blog yang menggunakan banyak gambar di dalamnya saya sarankan untuk mengkompresnya terlebih dahulu.

3. Url Gambar
Pada artikel blog, jangan menggunakan url gambar dari luar atau milik url gambar milik blog orang lain, karena hal ini akan terbaca sebagai media dari luar blog anda. Misalnya menggunakan url gambar dari photobucket, tinypic, atau url gambar blogspot milik orang lain. Solusinya agar usaha mempercepat loading blog anda berhasil, upload sendiri gambar yang ingin anda pasang pada artikel blog anda.

4. Penggunaan Video
Jika di dalam postingan blog terdapat video, saya sarankan kepada Anda untuk memperhitungkannya. Jika video itu tidak begitu penting dan masih ada alternatif yang lebih efektif gunakan alternatif tersebut.

5. Penggunaan Widget di dalam Template Blog
Penggunaan widget terlalu banyak di blog akan menyebabkan loading blog menjadi lambat karena link serta script yang terdapat pada widget tersebut juga akan diload. Semakin banyak widget yang dipasang di blog maka loading blog pun semakin bertambah berat. Saran saya gunakan widget yang penting-penting saja untuk blog Anda misalnya seperti widget histats, fanspage facebook dan lain-lain. Untuk widget seperti jam, kelender, musik saya sarankan jangan dipasang karena menurut saya itu tidak begitu penting, dan dampak negatifnya lebih besar daripada dampak positifnya.

6. Pemakaian Kode JavaScript Berlebihan
Memakai kode javascript dalam template blog memang tidak dapat dihindari, akan tetapi kita dapat meminimalisir penggunaan javascript sesuai kebutuhan. Ketika anda terlalu banyak menambahkan kode script kedalam template blog Anda, maka loading blog Anda akan semakin berat pula. Hal ini dapat berakibat buruk terhadap perkembangan blog Anda. Saya sarankan gunakanlah script yang benar-benar penting untuk blog Anda.

7. Eksternal Link
Eksternal link adalah link yang terdapat di dalam blog yang mengarah ke website atau blog lain. Semua link yang ada di dalam blog sobat akan terload/dibaca. Untuk itu saya sarankan kepada Anda jangan terlalu banyak memasang link dari luar blog, selain memperlambat loading blog juga berpengaruh terhadap SEO blog anda sendiri. Jika Anda menggunakan link dari luar, usahakan dalam satu wadah saja, seperti link ke google code atau link gambar/image dari blogger yang masih dalam satu hosting.