Inilah Menu Buka Puasa Yang Sehat Yang Layak Anda Konsumsi

Bagi umat Muslim, menjalani puasa Ramadhan selama sebulan penuh merupakan tantangan tersendiri. Setelah seharian berpuasa menahan lapar, tentunya ketika buka ingin menyantap makanan yang lezat dan menggugah selera. Lebih dari itu, menu buka puasa yang kita santap juga harus menyehatkan tentunya. Namun dalam kondisi ini, orang seringkali melupakan faktor kesehatan makanan yang dikonsumsi ketika berbuka. Jika setelah menjalani puasa selama sehari tidak makan dan minum, namun ketika berbuka dengan makanan yang asal-asalan atau hanya enak tapi tidak bergizi maka tidak ada manfaatnya untuk tubuh.

Jika Anda tidak memperhatikan menu buka puasa yang Anda konsumsi, bukan hanya tidak ada manfaatnya bahkan dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti kurang vitamin, maag dan sakit kepala. Selama menjalankan puasa wajib mendapat asupan gizi seimbang agar kondisi tubuh tetap prima meskipun berpuasa selama satu bulan penuh.
Berikut adalah contoh menu buka puasa yang segar dan sehat, namun sederhana dan hemat bagi kantong Anda. Memang tak salah sesekali menyiapkan hidangan berbuka yang mewah, namun itu cukup 1 – 2 kali sepekan. Teh dan kopi ada baiknya dihindari untuk berbuka, sebab berakibat efek diuretik atau menyebabkan sering buang air kecil. Ini malah menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.
Saran untuk menu buka puasa:
  • Kurma dan air putih
  • Es timun suri dan cincau
  • Jus semangka dan apel atau timun
  • Salad aneka buah
  • Es timun serut
Sayuran untuk menu buka puasa:
  • Sayur asem
  • Sayur bening/bayam
  • Tumis kangkung
  • Sayur lodeh
  • Sayur sop
Lauk untuk buka puasa:
  • Pepes tahu/jamur/ikan
  • Semur ayam/tahu/kentang
  • Tempe dan tahu goreng
  • Perkedel kentang/tahu/jamur
  • Ikan bakar/ ikan tim
Nah,Itulah  menu berbuka puasa yang segar dan sehat di atas, insha Alloh tubuh akan selalu fit dan segar menjalankan ibadah puasa. Selamat mencoba.