Tips Jitu Mengatasi Anak Yang Suka Ngompol Secara Alami

Anak-anak memang yang memilki kebiasaan ngompol di saat tidur malam hari. Namun batas usia maksimal anak mengompol itu tentunya sampai 7 tahun paling lama, dan jika anak anda masih mengompol di atas usia tersebut maka sebaiknya anda mengatasi kebiasaan buruk itu agar tidak berlangsung lama. Selain memereiksakannya ke dokter, sebab ngompol terkadang terjadi karena adanya kelainan pada kandung kemih anak, anda juga bisa mengatasinya secara alami dengan ramuan alami di bawah ini.

1. Duwet ( juwet/jamblang )
Jika sedang musim juwet,dianjurkan untuk konsumsi juwet sebanyak-banyaknya. Disarankan sesekali untuk makan bijinya inimal 4 butir dalam sehari. Ulangi sampai 3-4 hari. Insyaalloh ngompol akan berhenti ( kecuali ada kelainan saraf ).

Adapun jika tidak musimnya, bisa menggunakan babakan ( kulit pohon duwet ). Ambil seukuran 2cm dengan panjang 10cm. Rebus dengan air 2 gelas. Masukan babakan kulit pohon duwet dari awal proses memasak. Jika sudah mendidih, angkat, lalu tiriskan. Ramuan sudah siap minum. Selain batang, biji juga dimanfaatkan.
Ambil 8 biji buah juwet/duwet/jamblang dan garam secukupnya, Kemudian bungkus dengan daun pisang ( seperti buat makanan ) dan beri garam sedikit, kukus sampai tanak / sampai airnya mendidih. Berikan kukusan biji duwet ini menjelang tidur, usahakan dihabiskan. Usahakan 8 biji duwet ini dihabiskan. Sebaiknya dikunyah ,jangan langsung ditelan. Ramuan ini rasanya sepet.
2. Adas
Selain duwet, juga biSa dimanfaatkan untuk membantu permasalahan ngompol. Ambil seujung sendok adas, masak dengan gula dan sedikit garam. Rubuslah sampai mendidih . Setelah dingin, berikan kepada anak yang mempunyai kebiasaan ngompol. Dosisnya setengah gelas menjelang tidur, lakukan dengan rutin hingga 3-4 hari berturut-turut. Sebagian orang muntah saat minum ramuan ini, rasanya tidak enak. Selain ini kualitasnyanya jelek, duwet lebih bagus dari segi efek dan rasa.
3. Binatang Bibis
Pengobatan ini bukan termasuk herbal akan tetapi bias dimanfaatkan. Bibis adalah binatang yang hidup diair, disela-sela tanaman padi. Bentuknya menyerupai kumbang, dengan bau apek mirip uap iar kencingyang terkena sinar matahari, sedikit pesing.

Caranya bibis ini dibakar jangan sampai gosong. Rasanya gurih, bau apeknya hilang. Ulangi kumsumsi bibis ini sampai biasanya 2-3 kali kunsumsi sudah sembuh.
Nah selain minum ramuan diatas, ada cara lain yang bias dilakukan, misalnya seperti pengaturan jadwal kencing atau pemijatan pada tulang punggung anak, yakni daerah tulang belakang yang sejajar dengan ulu hati. Pijat dengan keras. Satu lokasi saja. Pijat dengan cara menekan dan tahan kurang lebih 2 menit. Biasanya sekali pijat, ngompol akan sembuh, terkecuali jika anak tidak dilatih untuk pipis setelah bangun tidur atau sarafmya terlalu kendor.
Untuk kasus ini membutuhkan beberapa kali pemijatan. Jika sarafnya lemah, resiko ngompolnya kambuh sangat tinggi, misalnya ketika anak kecapekan tidak kencing sebelum tidur, kedinginan, atau tidur di lantai.

Demikianlah  Tips Jitu Mengatasi Anak Yang Suka Ngompol Secara Alami. Semoga Bermanfaa.

Sumber:klikcara.com dan superampuh.com