Tips Wawancara Kerja Bagi Fresh Graduate

Tips Wawancara Kerja Bagi Fresh Graduate Agar Diterima Kerja-Wawancara atau interview merupakan proses wajib yang harus dilalui oleh pelamar kerja. Wawancara dilakukan dengan tujuan untuk menggali informasi yang sangat penting untuk mengukur kemampuan setiap kandidat. Wawancara kerja merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menentukan apakah pelamar akan diterima atau ditolak. Terlebih lagi bagi pelamar yang fresh graduate, bisa jadi wawancara atau interview menjadi pengalaman pertama. Nah, bagi kamu yang fresh graduate tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips yang bisa kamu pelajari agar kamu punya persiapan yang matang saat menghadapi wawancara.Hal-hal yang harus diperhatikan ketikan akan melakukan wawancara kerja adalah:

Datang di tempat wawancara lebih awal

Hal ini memberikan kesan bahwa kamu antusias menerima tawaran pekerjaan ini, menunjukan bahwa kamu orang yang bersemangat dan dapat menghargai waktu.

Persiapan mental

Persiapan mental ini sangat penting, karena rasa nerveous atau gugup akan menghapiri dan ini adalah hal yang wajar terutama bagi para fresh gradute, bisa jadi wawancara ini adalah pengalaman pertama. Kamu bisa mengatasinya dengan mengatus nafas dan berdoa. Jangan sampai karena gugup semuanya menjadi sia-sia dan kamu kehilangan kesempatan yang kamu harapkan.

Berpakaian rapi dan sopan

Datang dengan menggunakan pakaian yang sopan dan rapi karena penampilan akan memberikan kesan pertama. Seorang karyawan dapat menggambarkan “Image” sebuah perusahaan. Penampilan yang baik akan memberikan kesan yang baik juga, tapi jangan terlalu berlebihan juga ya guys.

Gunakan bahasa formal, sopan, jelas dan lancar

Berbicara dengan pewawancara berbeda dengan saat kamu berbicara dengan teman-temanmu guys. Saat wawancara kamu harus menggunakan bahasa yang formal dan sopan, tingkat intelektualitas kamu dapat dinilai dari perkataan yang formal dan sopan. Menjawab pertanyaan dengan jelas dan lancar agar apa yang kamu sampaikan dapat dengan mudah dimengerti oleh si pewawancara.

Senyum, sapa dan berjabat tangan

Saat memasuki ruangan pewawancara berikan senyuman dengan tulus, menyapanya selamat pagi, siang, atau sore lalu jabatlah tangannya dengan tegas dan sebutkan nama kamu dan jangan duduk sebelum kamu dipersilahkan untuk duduk.

Gali informasi seputar profil perusahaan sebanyak mungkin

Saat kamu ingin melamar pekerjaan, galilah informasi tentang profil perusahaan, produk dan layanan yang ditawarkan, keadaan dan perkembangan perusahaan, job deskdari posisi yang kamu lamar, pokoknya carilah informasi sebanyak-banyaknya. Hal ini menunjukan bahwa kamu sangat tertarik dengan perusaahan yang kamu lamar dan kamu sangat ingin bisa bergabung dengan perusaan tersebut.

Pelajari CV (Curiculum Vitae) anda

Saat wawancara kerja buatlah seperti kamu menjual dirimu dan menawarkannya kepada perusahaan agar mau merekrut kamu. Bagaimana caranya? buatlah CV semenarik mungkin agar perusahaan tertarik untuk merekrut kamu, tulis semua kelebihan dan keahlian kamu di CV. Apa yang kamu tulis di CV harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Karena saat wawancara, perusahaan akan menanyakan seputar CV kamu dan jawaban kamu harus sesuai dengan apa yang kamu tulis.


Oke guys itulah beberapa tips untuk menghadapi wawancara, lebih baik sedia payung sebelum hujan, lebih baik persiapkan semuanya dengan baik dan matang daripada semua harapanmu harus sia-sia. Semoga sukses dan mendapatkan pekerjaan seperti apa yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan berusaha lakukanlah yang terbaik yang bisa kamu lakukan. (atree)