Harga Emas Tertekan Disesi EROPA

Perdagangan bursa komoditas berjangka di hari Senin(31/8), harga emas dan perak terpantau alami penurunan dengan diperdagangkan lebih rendah setelah membukukan penurunan di minggu sebelumnya ditengah spekulasi bahwa The Fed akan tetap menaikan suku bunga dalam pertemuan di bulan September ini.
Berlangsungnya perdagangan di sesi Eropa, emas berjangka pengiriman Desember telah diperdagangkan lebih 0.11% di level $1.132.80 per troy ounce di divisi Comex, New York Mercantile Exchange. Di minggu sebelumnya, harga emas sendiri telah mencatat penurunan lebih dari 2%.
Sedangkan untuk perak berjangka pengiriman September telah diperdagangkan lebih rendah dengan mencatat penurunan sebesar 0.51% di level $14.475 per troy ounce. Di sesi sebelumnya, harga perak berjangka telah ditutup pada level $14.459 per troy ounce.
Harga emas dan perak dalam mengawali pekan ini terpantau mendapat tekanan untuk tetap diperdagangkan lebih rendah ditengah spekulasi bahwa The Fed akan berada di jalur untuk menaikan tingkat suku bunga mereka pada pertemuan di bulan September.
Spekulasi tersebut telah diperkuat dengan pernyataan yang dilakukan oleh Wakil Ketua Presiden Federal Reserve, Stanley Fischer yang mengatakan bahwa masih terbukanya jalan untuk menaikan tingkat suku bunga pada pertemuan The Fed yang jatuh pada 16 -17 September mendatang. Fischer juga mengatakan bahwa kenaikan suku bunga di bulan September ini dapat terjadi, meski terlalu cepat untuk mengatakan bahwa bank sentral akan segera melakukan langkah tersebut.
Sementara itu gejolak pergerakan harga emas pada hari ini diperkirakan akan kembali mengalami pergesaran ketika pasar dihadapkan dengan laporan inflasi untuk wilayah Eropa dan PMI Chicago nanti malam. (Aditya Arief – Financeroll)